Minggu, 24 Mei 2009

Pengaruh Budaya Barat Bagi Kehidupan Masyarakat Indonesia


Indonesia memang memiliki budaya yang beraneka ragam, mulai dari budaya adat, budaya daerah dan sebagainya. Tetapi dalam kurun waktu terakhir ini nudaya barat lebih mendominasi budaya Indonesia. Hal itu dapat dibuktikan dengan maraknya berbagai tayangan televisi maupun acara-acara yang bersifat kebaratan dan cara pergaulan remaja Indonesia yang meniru budaya Barat.

Hal itu diperparah lagi dengan majunya tekbologi zaman. Padahal budaya barat lebih mementingkan hidup mewah dan berfoya-foya, hal itulah yang bertentangan dengan budaya masyarakat Indonesia pada umumnya.

Tetapi dibalik sisi negatif budaya barat yang cukup banyak, mereka juga mempunyai sisi positif yang juga tidak bisa kita lewati dalam kehidupan kita. Seperti perkembangan Ilmu Pengetahuan yang mana hal tersebut dapat berubah seiring perkembangan zaman dan Ilmu Teknologi.

Kita sebagai masyarakat Indonesia haruslah lebih selektif dalam menanggapi berbagai budaya asing yang pastinya memiliki sisi positif dan sisi negatif. Dan kita harus mengambil sisi positif dari budaya tersebut.

0 komentar: